Page

Senin, 13 Februari 2012

sturggle To UNY

Yup, Struggle to UNY, and Welcome To UNY the beloved university, the best lecturer, and the best pepole. the best culture, the best atitude. and I love it.

bagi sy, mungkin saya harus menceritakan bagaimana kisah perjuangan saya dan atas izin Allah, sy dapat melanjutkan kuliah di UNY, dapat ke jembos di universitas tersebut. universitas tercinta bagi saya. yuups universitas tercinta.

Berawal ketika saya masih duduk di bangku SMA, sejujurnya. tidak ada dalam benak saya utk menruskan kuliah di UNY pada saat SMA. yg sy pikirkan sy harus bisa melanjutkan kuliah di UGM,

tpi sejujurny, sejak dari awal sy meninjakkan kaki di bangku SMA, lebih tepatnya kelas 1 SMA yg sy pikirkan adalah bagaimna sy bisa membahagiakan ibu sy, dn dalam pikiran sy saat itu sy hanya memikirkan agar sy menjadi juara kelas. Alhamdulillah, walaupun tidak pernah dpt beasiswa utk membantu meringankan beban ibu, tapi sy hanya bisa memberikan kebahagiaan untuk ibu sy lewat nilai2 sy, yg Alhamdulillah memuaskan, yahh walaupun belum bisa mendapat ranking 1, tapi cukup Alhamdulillah, Alhamdulillah, walau memang tidak sebegitu membahagiakan ibu, tapi ibu cukup senang, maafkan anakmu ini ya ibu...

Dan kemudian sy, mulai memikirkan tentang kuliah adalah dimna sy kelas 2 SMA, yahh, sy hrus memkikirkan kuliah saat itu dimna sy hrs melanjutkan mimpi sy,  sy hrs belajar giat, dan tujuanny saya bisa melanjutkan kuliah di UGM kesehatan gizi, dan itu adalah mimpi saya saat itu. sy harus berjuang utk mendapatkanny, dan sypun sudah merancang sedemikian rupa, bagaimna teknik sy belajar, dll. tapi qodarAllah semangat sy kadang tinggi dan rendah. tapi ternyta qodarAllah semangat sy utk belajar semakin hari, semakin merendah, akhirnya kemalasan belajarlah yg jauh lebih mendominasi sy waktu itu, dan dlm pikiran sy. *ah, bsk aja deh, kelas 3 belajar sungguh2ny, klo sekarang belajar yang ada dulu. dan ternyata itulah awal pintu kegagalan sy,

Kelas 2 sudah usai, akhirnya sy menginjak di kelas 3 SMA, dengan perasaan deg2an dan rasa yang berkecamuk dalam dada, waktu2 kelas 3 SMA, sy awali dengan naik, turunny semangat dlm belajar kembali. dan pada kelas 3 semtr.2. waktu dimna sy di gempur dengan berbagai soal2 UAN. dan waktu2 itu kebosaanpun sudah mulai pada tingkat akut, waktu2 kelas 3, akhirnya malah membuat kemalasan belajar. tak lama berselang akhirnya baru sy sadar tinggal beberapa bulan UAN rada sedih dan menyesal dan rasa ingin selalu belajarpun berkecamuk dlm dada. yups waktu2 itu sy pergunakan utk banyak2 belajar mengerjakan soal2 UAN dan UM UGM, walaupun tidak rutin dan diselingi dengan rasa kemalasan. tapi itu harus di hilangkan. HARUS SEMANGAT BELAJAR! kasian ibu sudah susah payah menyekolahkan anakny, ternyata anakny malah mengecewakan.

Sedih rasanya ketika melihat wajah sendu ibu, dan dari situ saya utk memupuk semangat belajar kembali, semangat utk membahagiakan ibu, semangat yang membara tiada henti.

Baiklah UAN telah usai Alhamdulillah Ya Rabb sy dan teman2 sy lulus semua.

Dan sungguh disayangkan ternyta qodarAllah sy tidak lolos dalam snmptn undangan, sedih rasanya, tapi sy tahu, itu yang terbaik utk sy dan sy memang kurang mempercayai akn jalur tersebut, jadi sy sudah mewanti2ny, dengan melakukan Les intensif  selamat 1 bln di bimbel utk mengejar snmptn.

dan qodarAllah, Allah berkata lain bahwa ternyta sy masih belum lolos untuk snmptn tulis, dan saat itu adalah saat2 yang terpuruk bagi sy, siang dan malam sy selalu menangis, terutama ketika melihat wajah ibu, seolah air mata ini tidak terbendung lagi.

beliau selalu bilang (ibu) : ndk papa, kan masih ada yg lain. coba dftr2 lagi.
sy : iya bu, mohon doanya ngeh.

Dan cerita sesungguhnya adalah saat dimana perjuangan sy mengejar PTN di indonesia, pokokny tahun ini harus kuliah, jika memang Allah belum mengizinkan utk tahu ini blm kuliah ya sdh tidak mengapa, berati memang itu yang terbaik dari Allah utk sy tapi sy juga hrs semangat.

berawal pada saat itu ketika pengumuman snmptn tulis itu, yaah walaupun stiap hari setelah pengumuman snmptn tulis itu membuat sy selalu menangis siang dan malam, tak henti2ny sy berdoa kpd Allah, berdoa agar diberikan yg terbaik, yang terbaik dari Allah utk sy.

kemudian sy berpikir sy tidak boleh bersedih dan putus asa, saya harus berjuang lebih 2x lipat. kemudian sy mulai banyak browsing2 di internet, tentang PTN di indonesia, tp terkhusus di jawa.

sebenarny sy mempunyai mimpi besar yaitu agar dapat meneruskan kuliah di bogor, sy ingin kuliah di IPB tepatny krn sy suka bidang pertanian khususnya pangan dan mimpi itu terpatri, berawal ketika sy di ajak seorang guru mengikut seminar di SMA 11 mengenai IPB dan sy rasa sy tambah jatuh cinta dgn IPB, terutama sosok yg sangat mengispirasi sy bpk Elang Gumilang alumi IPB sang euntrepreneur sejati yg Allah memberikan kemudahan rejeki kpd beliau karna berilau memudahkan org lain menengah-kebawah utk mendapatkan rumah yg layak, dan itu yg sangat mendorong sy utk kesna.

tapi mimpi itu, hrs pupus sudah, krn ibu dan ka2k sy kurang menyetujui sy meneruskan kulah disna, karena jarakny yang jauh serta sy ank permpuan sendiri dlm keluarga, ka2k 1 sy berpikir bahwa nnti tidak ad yg jaga ibu dn nemani ibu, akhirnya kupupuskan niat sy ukt ke IPB, walaupun itu memang berat. Akhirny sy hny menfokuskan snmptny pada PTN di jogja sja.

Ketika pengumuman snmptn yg mana sy tidak lolos, kemudian sy mulai membidik kembali mimpi sy yg hrus pupus itu, sy browsing2 tetang IPB, dan SubhanAllah ketika sy membuka2 tentang informasiny, sypun hanya bisa melotot tanpa berkedip, ketika melihat biayany perkuliahanny. krn sy takut dan sy kasian dgn ibu akhirnya sy benar2 pupuskan harapan sy utk melanjutkan di kampus IPB itu

samapai akhirnya sy mencari2 kembali, mengumpulkan keping2 pengharapan. karna sy pikir sy tidak bisa jauh dengan ibu akhirnya saya mulai cari info. di UNS, UNDIP, UNSOED, D3 UGM, UIN, dan pilihan terakhir SM UNY.

Dan hati sypyn berlabuh pada UNS, akhirny mencari2 info. mengenai biayany kuliah disna dan Subhanalloh sy mulai meloto kembali melihat biaya2ny di UNS, tapi sebelumny sy minta izin dgn ibu dulu.

Sy : ibu, sy mau coba dftr di UNS, tapi bayanya masukny Titik2 puluh juta.
Ibu : Ya sudah ndk papa, insyaAllah akan ibu usahakan, insyaAllah uangny ada.
Sy : iya bu, maaf ya bu.
Ibu : iya, "dengan suara lembut dan lirih"

kemudian sy masuk kamar dan menangis kembali, kapan sy bisa membahagiakan ibu, ibu kerja banting tulang utk anak2ny, tapi apa balasanny sesuatu yg tidak memuaskan malah tambah membuatny harus lebih sakit lagi. dalam keadaan ketika sy menangis sy selalu berdoa, Ya Allah berikanlah hamba yg terbaik.

Keesokan hariny sy mulai ke bank utk membayar utk mendaftar di UNS,
dan beberapa hari kemudian sy mulai mendaftarkan diri lewat online dan itu onlineny diwarnet, karna sy masih bingung utk memilih fakultas apa, akhirnya sy tunda di tengah jalan dulu, dengan pikiran masih bisa diedit2 lagi. ketika sy di warnet dan mencoba membuka kembali utk mengisi fakultas mana yg sy pilih, qodarAllah ternyta tidak bisa terbuka2, dan ternyta baru sy sadari bahwa sistem pendftnny UNS itu hrs langsung diisi semua, dan mungkin jika tidak langsung hangus. Atagfirulloh. akhirnya perjalanan pulang itu sy berpikir2 terus dan akhirnya menangis kembali.

Kemudian sy mencari info tntg D3 UGM, dan keluarga setuju, ibu mendukung. karena nnti bisa neruskan ke S1, nah mimpi sy utk ke IPB terbuka lebar, krn sy pilih D3 yg berhub. dengan pangan. dan ada penerusan S1 di IPB, akhirnya sy bertekad kuat utk ke D3 UGM tersebut,
keesokkan hariny sy ke bank utk pendftrn. ternyta tanpa sy sadari karna sy terlalu sibuk memilih pilihan ke 2ny. qodarAllah ternyta sy tidak bisa mendaftarkan diri lewat online disebabkan masa tenggangny sudah tertutup pda gelombang pertama. Akhirny uang pendaftaran sy hangus. sudah, seperti biasanya sy menangis lagi, menangis dan menangis, sy tetap diberi semangat oleh ka2k sy yang pertama.

Akhirnya, perjuangan sy tidak berhenti samapai situ, karena masih ada ujian SM UNY dn UIN, dan itu hanya ada waktu 1 minggu utk belajar. dan cerita sesungguhny yang benar2 membuat sy menangis terharu jika mengingatny adalah beada disini. dimna sy menggunakan sistem belajar SKS (sistem kebut seminggu) dan seminggu itu sy benar2 pergunakan waktu utk memperdalam bhs inggris dan TPA sy, sy lebih bnyk belajar latihan bhs inggris dan TPA krn ini slh satu strategi sy, utk mengejar di nilai IPA, rada sulit, tdk mgkn sy dpt mengejar sepenuhny dan sy tidak mungkin dapat mengejar lolos SM dgn nilai IPA. akhirny sy belajar, belajar, belajar dn belajar di sela2 belajarpun sy selalu memangis jika mengingat ibu dn tmn2 yg sdh lolos snmptn, nah ternyta itu yg membuat sy semangat, belajar belajar dan terus belajar, keluar kamar cma klo makan dn mau sholat selebihny belajar belajar dan terus belajar di kamar, dan itu adalah momet yg paling sy rindukan, dimna sy bisa fokus sepenuhny utk belajar, ternyta belajar itu asik.

karna sy tahu jika ujian antara UIN dn UNY. waktu testny hanya selang 3 hari jik UIN tgl 8 juli sedang UNY tgl 11juli, tapi memang sejujurny sy entah kenapa lebih terfokus belajar mengejar ketertinggalan di IPA dn B.ing, walaupun lebih didominasi B.ING sedangkan dlm pikiran sy kan klo UIN TPA dn Agama insyaAllah bisalah, bismillah dengan mengingat2 pelajaran agama saat SMA. krn SMA sy swasta jdi ada pelajarn Bahasa Arab, Aqidah, Al Qur'an Hadits, Akhlak dan ibadah.

Tibalah waktu test masuk UIN, masyaAllah dengan persiapan belajar agama seadanya, sy perkuat dengan berdoa dn meminta doa dengan orang2 lain, dan ternyata sy datang terlambat, tapi sy PD sja, Alhamdulillah sy dapat tempat duduk paling depan dan kanan kiri sy perempuan semua. berasa merdeka, hehe. oke pokokny dalam pikiran sy ketika mengerjakan test2ny itu intinya cepat, cermat dan tepat, MasyaAllah, Astagfirulloh maafkan hamba Ya Rabb, pokonya cepet selesai aja.

tgl 11 juli tiba dan sypun mengikuti test di UNY tgl 11juli, di SMK 3 Jogja, sy akn bercerita sedikit, Astagfirulloh dengan berbekal ilmu seadany, sy dengan PDny mengikuti ujian dgn menggunakan gamis dn jilbab hitam dan pakai sandal. kelucuan tidak berhenti disitu ternyata sy tidak membawa KTP, no. pendftn di bank. SIM sebgai tanda bahwa sy bukany joki.

seperti ini percakapan sy dengan dosen penjagany:
Dosen : tolong keluarkan No pendftr di bank?
sy : maaf, pak sy ndk bawa
Dosen : KTP?
sy : ndk bwa jg.
Dosen :SIM
sy : maaf pak ndk bawa juga.

dan seisi ruanganpun tertawa semua, akhirny bpkny cma melihat kartu ujian sy saja,

Dosen: ya sdh tidak apa2,
sy : terimakasih pak.

ada seorg laki2 yg mengikuti test dn dia duduk di paling belakang di barisan sy, dia tertawa serta nyeletup gini : wahh lha piye ndene kok ra ngowo opo2,. niat ra je.

kurang lebih dia bicara seperti itu, sy rada lupa,
sejujurny sy sangat sakit hati dgn bicarany dia tpi dlm batin sy. sy berbicara bahwa sy bawa semangat dan doa.

Dan Tibalah waktu pengumuman, dalam soal penyampaian pengumuman UIN terlebih dahulu. dan saat test di UIN sy memilih PAI dn PAUD, dan sy sudah berazzam ketika sy masuk di PAI, sy tidak akn berpikir mencari kuliah dimana2 lgi. qodarAllah sy malah lolos di PAUD Alhamdulillah. nah ini membuat sy malah bimbang,

kta murobbiyah sy : coba tunggu yg di UNY dlu,
sy : iya mb,

Dan, inilah yang ditunggu2, bismillah penuh suka cita, dimalam hari sebelum pengumuman sy tidak bisa tidur dan sy sudah mempersiapakan jika sy tidak ketrima, sy harus bisa legowo, dan mungkin itu yg terbaik dari Allah utk sy.
KeEsokkan hari tiba, mirobbiyah sy sms.
beliau : gmn dek, suka buka pengumumanny?
sy : belum mb, td sy coba buka lwt internet. ndk bisa.
beliau : iya memang, koneksiny kurang bagus mgkn. ya sdh beli koran kedaulatan rakyat.
sy : iya mb, syukron ya mb,

beberapa menit kemudian, beliau sms, dek since education international?
sy jwb : iya mb lhoh, kok tahu, kmrn sy pilih itu.

tiba2 ibu beli, koran kedaulatan rakyat, sy coba cari dengan perlahan dan penuh dengan kepasrahan. MasyaAllah Allah huu Akbar. dan qodarAllah ada nama sy tercantum dlm koran tersebut "Sri Rejeki Widoretno" Pend. IPA Inter. disaksika ibu, simbah putri dn simbah kakung, sypun menangis serta ibupun ikt menangis, dan tak henti2ny sy bersyukur kpd Allah, kemudian disuruh simbah putri " klo tahu gitu, langsung sujud syukur dan sy langsung mengikuti ucapan beliau, kemudian sy langsung sujud syukur. *rada aneh, masak nunggu di aba2in dulu, maafkan hamba Ya Allah Ya Rabb, maafkan...

tak lama berselang sms dri murobbiyah sy bru masuk.
beliau : iya masuk situ.
sy : iya, mb brusan lihat di kedaulatan rakyat, Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alamdulillah, Allah Huu Akbar. syukron ya mb, Jazakillah khairan, syukron mb.

Dan begitulah cerita sy, Perjuangan sy hingga Allah menunjukkan tempat kuliah yg terbaik utk sy yaitu di UNY tercinta. yg tempatny dijogja sesuai doa ibu dn ka2k.

Bismillah, semoga ini Barokah, bantulah hamba Ya Allah Ya Rabb, utk memberi kemanfaatan dan kebaikan utk orang lain dan tentu sja diri sy sendiri, dan bisa membahagiakan ibu. aamiin Ya Rabb aamin, bantulah hamba. berikanlah hamba yang terbaik. bismillah Allah Huu Akbar.

selesai ditulis dri jam 20.00-22:39
direvisi kembali tgl 13, pkl 22.30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar